11/13/2009

penulisan ilmiah jenjang sarjana muda

ABSTRAK



Danies Arta Waluyo, 20206207
Perbandingan Penempatan Dana Pada Manajer Investasi Dan Lembaga Keuangan Bank
Penulisan Ilmiah Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2009
Kata kunci : Perbandingan, Penempatan, Dana, Manajer Investasi, Lembaga Keuangan Bank.
( ix + 69 + Lampiran )

Reksa dana merupakan salah satu instrument investasi yang ada dan dapat dijadikan pilihan investasi .Pilihan investasi lainnya mulai dari tabungan, deposito, obligasi, saham, properti, wiraswasta. Masing – masing memiliki tingkat pengembalian investasi, proyeksi keamanan, dan tingkat likuiditas yang berbeda. Semakin tinggi hasil investasi yang diambil, semakin besar probabilitas resiko yang diterima investor.Diversifikasi dilakukan manajer investasi dalam sekuritas Reksa Dana untuk mengurangi resiko.

Tujuan penelitian ini mengetahui seberapa besar kinerja Reksa dana Pendapatan Tetap pada PT.Panin Sekuritas dan PT.Bhakti Asset Manajemen dengan proyeksi laba/ruginya serta pembandingan tingkat pengembalian Reksa Dana tersebut dengan pengembalian deposito syariah maupun konvensional.

Metode penelitian untuk mengukur kinerja Reksa Dana berdasarkan Nilai Aktiva Bersih/Unitnya serta pengembalian akumulasi investasi Reksa Dana tersebut.

Hasil penelitian dapat terlihat kedua Reksa Dana memiliki kinerja yang positif dengan nilai yang berbeda dan dilain pihak mengalami pergerakan peningkatan maupun penurunan tetapi masih dalam batas normal serta pengembalian jauh diatas deposito.

Daftar Pustaka (2002-2009)













BAB I
PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Banyak orang sering kali bingung bila ingin melakukan investasi atas dana yang dimilikinya karena berfikir akan resiko yang akan diterima dikemudian hari berupa kegagalan investasi atau kerugian finansial. Sementara itu kebutuhan terus mengalami kenaikan dan dana yang dimiliki tidak bertambah, terlebih lagi bukan perkara mudah bagi orang awam dalam menentukan investasi yang akan diambil. Namun seiring waktu berjalan dan perkembangan perekonomian global, pola pikir masyarakat pun mengalami perubahan dan mulai mencari cara menginvetasikan uangnya pada berbagai instrumen investasi agar mendapat peningkatan pendapatan secara efektif.
Instrument investasi beragam mulai dari tabungan, deposito, obligasi, saham, properti, wiraswasta,maupun reksadana. Masing – masing memiliki tingkat pengembalian investasi, proyeksi keamanan, dan tingkat likuiditas yang berbeda. Semakin tinggi hasil investasi yang diambil, semakin besar probabilitas resiko yang diterima investor. Investasi di pasar modal beresiko yang lebih besar bagi orang awam karena kurangnya pemahaman, kepekaan, kecermatan, kecepatan dalam mennetukan opsi jual atau opsi beli atas perubahan dinamis indeks saham tersebut.
Hal mendasari ciri khas instrumen investasi adalah kejelasan dalam hal tujuan atau kebutuhan spesifik seperti pendidikan anak, memiliki rumah, persiapan pensiun; seberapa besar dana yang dibutuhkan untuk tujuan yang dimaksud; kapan kebutuhan itu diperlukan dan jangka waktu untuk mencapai waktu tersebut; strategi mencapai tujuan tersebut.Yang pada intinya investasi merupakan proses menabung yang berorientasi pada tujuan dan bagaimana mencapai tujuan tersebut yang mengandung unsur perencanaan yang matang.
Pilihan investasi pada pasar uang seperti deposito dan reksa dana bukan hal baru bagi masyarakat disamping itu juga memiliki tingkat keamanan terhadap sejumlah dana yang diinvestasikan, namun tingkat pengembalian deposito hanya berdasarkan bunga yang diberikan oleh bank yang bersangkutan dan langsung dikenakan pajak oleh pemerintah. Tingginya tingkat bunga pada bank umum disesuaikan dengan tingkat bunga Bank Indonesia atau BI Rate. Deposito memiliki waktu jatuh tempo yaitu 1,3,6,12 bulan dan bank relatif memberikan bunga tidak secara flat namun berbeda sesuai waktu jatuh temponya seperti deposito pada Bank BCA.
Bila investor mau menerima pendapatan investasi yang menarik dengan tingkat keamanan, likuiditas, resiko yang relatif kecil maka Reksa Dana merupakan alternatif investasi yang seharusnya dipilih investor berupa Kontrak Investasi Kolektif(KIK). Reksa Dana ditujukan bukan saja untuk investor berpengalaman tetapi juga untuk investor awam karena resiko yang relatif kecil(sesuai dengan jenis Reksa Dana) dan tingkat likuiditas yang tinggi serta dapat dijual kembali kepada Manajer Investasi untuk Reksa Dana terbuka(open end) dan dijual ke pasar sekunder untuk Reksa Dana tertutup(close end).
Dalam berinvestasi terdapat prinsip dasar yaitu melakukan diversifikasi terhadap dana yang ingin diinvestasikan sehingga terhindar dari resiko kerugian secara total (total lost). Reksa Dana merupakan penyebaran penempatan investasi melalui manajer investasi karena melakukan investasi pada berbagai instrumen investasi pada berbagai perusahaan.Keberhasilan manajer investasi dalam mengelola portofolio investasi dilihat dari deviden /bunga, capital gain, peningkatan Nilai Aktiva Bersih(NAB), dan persentase laba/rugi.NAB merupakan nilai investasi dari hasil penjualan reksa dana oleh manajer investasi. Jenis Reksa Dana yang ada di negara kita yaitu Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Campuran. Reksa Dana Pendapatan Tetap(RDPT) merupakan salah satu jenis Reksa Dana yang dipilih banyak orang sebagai alternatif investasi yang pengembalian relatif stabil dan berjangka waktu menengah 1-3 tahun pada minimal 80% Efek Hutang sehingga memiliki resiko yang relatif sedang. Oleh karena permintaan investor maka PT. Panin Sekuritas Tbk dan PT. Bhakti Asset Manajemen menawarkan produk Reksa Dana Pendapatan Tetap(RDPT)
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan diatas serta mengingat pentingnya analisis dalam sebuah investasi maka penulis memilih judul
” PERBANDINGAN PENEMPATAN DANA PADA MANAJER INVESTASI DAN LEMBAGA KEUANGAN BANK”.

1.2. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas penulis dalam penulisan
ilmiah ini adalah:
1. Bagaimana pengukuran kinerja Reksa Dana Pendapatan Tetap pada PT. Panin Sekuritas Tbk dan PT. Bhakti Asset Manajemen?
2. Bagaimana perbandingan hasil perhitungan pengembalian investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap PT. Panin Sekuritas Tbk dan PT. Bhakti Asset Manajemen serta tingkat pengembalian deposito?
1.3. Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis melakukan pembatasan masalah yaitu
dalam Reksa Dana Pendapatan Tetap Panin Dana Utama Plus pada PT. Panin Sekuritas Tbk dan Reksa Dana Pendapatan Tetap BIG Dana Likuid Satu pada PT. Bhakti Asset Manajemen sebagai manager investasi dengan deposito pada Bank Central Asia(BCA)dan Bank Muamalat sebagai lembaga perbankan.Data – data yang digunakan dalam penulisan Ilmiah ini mulai dari Juli 2008 – April 2009


1.4. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian dari penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut:
1. Mengetahui pengukuran kinerja Reksa Dana Pendapatan Tetap PT. Panin Sekuritas Tbk dan PT. Bhakti Asset Manajemen serta pengembalian deposito.
2. Mengetahui perbandingan hasil perhitungan pengembalian investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap PT. Panin Sekuritas Tbk dan PT. Bhakti Asset Manajemen serta tingkat pengembalian deposito.

1.5. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian dalam penulisan ilmiah ini sebagai berikut:
1. Bagi penulis dan masyarakat umum untuk menambah pengetahuan mengenai kegiatan, kinerja, dan menilai kesungguhan manajer investasi pada Reksa Dana Pendapatan Tetap PT. Panin Sekuritas Tbk dan PT. Bhakti Asset Manajemen.
2. Bagi perusahaan investment sebagai bahan penilaian kembali guna perkembangan dan perbaikan pengelolaan Reksa Dana dalam menumbuhkan kepercayaan masyarakat yang merupakan kunci keberhasilan Manajer investasi dimasa yang akan datang.
3. Bagi kalangan akademis untuk menambah wawasan berfikir konseptual dari investasi, menambah pemahaman reksa dana sebagai bagian investasi yang memiliki keamanan dan likuiditas yang baik serta dapat menilai kinerja manajer investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap PT. Panin Sekuritas Tbk dan PT. Bhakti Asset Manajemen

1.6. Metode Penelitian
1.6.1. Objek Penelitian
Objek penelitian dalam penulisan ilmiah ini adalah PT. Panin Sekuritas Tbk yang beralamat di Jakarta Stock Exchange Building Tower II, LT.17, Suite 1705 Jl.Jend.Sudirman Kav 52-53, Jakarta 12190 Telp (021) 5153055 Fax(021)5153060.PT. Bhakti Asset Manajemen yang beralamat di Plaza Bapindo, Citibank Tower Lantai 23, Jl. Jend. Sudirman Kav 54-55, Jakarta 12190.Telp (021)5273865 Fax(021)5276168.



1.6.2. Data / Variable
Data yang dipergunakan dan diolah oleh penulis adalah
1. Prospektus Panin Dana Utama Plus dan BIG Dana Likuid Satu.
2. Nilai Aktiva Bersih dari aktivitas Reksa Dana Pendapatan Tetap Panin Dana Utama Plus pada PT. Panin Sekuritas Tbk dan Reksa Dana Pendapatan Tetap BIG Dana Likuid Satu pada PT. Bhakti Asset Manajemen Juli 2008 – April 2009
3. Suku bunga deposito pada Bank Central Asia (BCA) periode 1, 3, 6, 12 bulan tahun 2008 dan 2009

1.6.3. Metode Pengumpulan Data
Dalam melakukan proses penelitian ini ,penulis mengumpulkan data yang diperoleh dari:
Data yang diteliti adalah tentang Prospektus Panin Dana Utama Plus dan BIG Dana Likuid Satu, aktivitas Reksa Dana Pendapatan Tetap Panin Dana Utama Plus pada PT. Panin Sekuritas Tbk dan Reksa Dana Pendapatan Tetap BIG Dana Likuid Satu pada PT. Bhakti Asset Manajemen Juli 2008 – April 2009, Suku bunga deposito pada Bank Central Asia (BCA) periode 1, 3, 6, 12 bulan tahun 2008 dan 2009.
1. Studi Kepustakaan
Dilakukan dengan membaca, menelaah literatur – literatur, sumber bacaan lain yang relevan, majalah serta internet dengan topik yang dipilih sebagai pedoman dalam menjelaskan teori – teori penulisan dan cara perhitungan tingkat return

1.6.4. Alat analisis yang digunakan
Dalam penulisan ilmiah ini penulis melakukan analisis perhitungan mencapai tujujuan penelitian yaitu menganalisis masalah dengan cara mendeskripsikan secara rinci melalui formula perhitungan kinerja Reksa Dana dan return deposito dari besar dana yang diinvestasikan.
Dasar – dasar rumus perhitungan kinerja Reksa Dana:
 NAB Per unit = Total NAV
Jumlah Unit Penyertaan

 NAB Per Unit efeketif = NAB/ Unit x ( 1+ BP)
NAB Per Unit efektis saat penjualan = NAB/Unit x ( 1- BPK)
Keterangan :
BP = Biaya Pembelian(selling fee)
BPK = Biaya Penjualan Kembali(redemption fee)

 Unit diterima = Akumulasi Investasi
NAB/Unit efektif

 Dalam perhitungan kinerja setiap sub-periode pada PT. Panin Sekuritas Tbk dan PT. Bhakti Asset Manajemen berdasarkan formula berikut:
Kinerja Sub periode = NAK - NAW
NAW
Keterangan:
NAK = Data NAB / Unit saat ini
NAW = Data NAB/ Unit waktu yang lalu

 Dalam perhitungan kinerja histories periode tertentu dan kinerja total selama waktu penelitian digunakan metode time- weighted rate of return pada Reksa Dana Pendapatan Tetap PT. Panin Sekuritas Tbk dan PT. Bhakti Asset Manajemen berdasarkan formula berikut:

Peningkatan/penurunan Nilai / Unit = kinerja Sub periode x 100%
HPR Total periode= HPR1x HPR2 x HPR3x.... xHPRn
Dimana,
HPR n = Kinerja sub periode ke-n + 1
Kinerja periode = (HPR 1 X HPR 2 X HPR 3 X ....x HPR n ) – 1
Kinerja Total periode = (HPR Total – 1) x 100%

Atau
Kinerja Total periode = kinerja periode x 100%

Keterangan:
HPR 1 hingga HPR n adalah holding period return dari sub- periode
Penelitian dan Kinerja sub periode ke-n merupakan hasil perhitungan kinerja untuk setiap periode.

 Perhitungan jumlah unit yang diterima
Jumlah unit yang diterima = Nilai investasi
Harga unit penyertaan + (% biaya pembelian x Harga unit penyertaan)
 Perhitungan Laba Bersih :
Laba Bersih = NAB/ unit akhir (1-BPK) – NAB/unit permulaan(1+BP) x 100%
NAB / unit permulaan x ( 1+ BP)
Atau,
Laba Bersih = NAB/unit akhir x FKB – NAB /unit permulaan x 100%
NAB/ unit permulaan
Dimana FKB merupakan faktor koreksi biaya yang besarnya adalah:

FKB = ( 1- Biaya Penjualan Kembali)
(1 + Biaya Pembelian)
Atau,
FKB = (1- Biaya Penjualan Kembali)
( 1+ Biaya Penjualan )
Keterangan:
FKB = Faktor Korelasi Biaya

 Nilai Investasi = NAB/ Unit x unit diterima
 Laba / Rugi = Nilai investasi- Nilai transaksi x 100%
Nilai Transaksi
 Perhitungan Return Deposito:
Bunga Deposito = % Bunga Deposito x Nilai Investasi
Periode Investasi
Pengenaan Pajak = Tarif Pajak yang berlaku x Bunga Deposito yang diterapkan
Pengembalian Deposito = Nilai Investasi + (Bunga Deposito – Pengenaan pajak
Bagi Hasil = Nominal Investasi x Hi-1000
1000
Pajak = Tarif Pajak x Bagi Hasil Deposito
Bagi Hasil Deposito Syariah = Nilai Investasi + (Bagi Hasil Deposito- Pajak)

1.7. Sistematika Penulisan
Penulisan ilmiah ini terdiri dari 4 (empat) bab, dimana penguraian secara singkat dari tiap bab adalah sebagai berikut :
BAB I Pendahuluan
Bab ini merupakan pendahuluan dari seluruh materi penulisan yang meliputi latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian ,manfaat penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.

BAB II Landasan Teori
Dalam bab ini akan diuraikan secara umum mengenai tinjauan pustaka yang menjadi landasan teori bagi penulisan ilmiah,kajian penelitian sejenis, alat analisis yang digunakan .

BAB III Pembahasan
Bab ini menguraikan gambaran umum perusahaan yaitu Profile dan Data Objek penelitian, analisis pengukuran kinerja Reksa dana Pendapatan Tetap PT. Panin Sekuritas Tbk dan PT. Bhakti Asset Manajemen, dan rangkuman hasil penelitian.
BAB IV Penutup
Bab ini merupakan bab terakhir yang berisikan kesimpulan dan saran dari penulis dari pembahasan pada bab sebelumnya.


(untuk lebih jelasnya dapat diemail ke www.dolphin3333boss@yahoo.co.id)
--------------------- thank you for your attention------------------------------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar